Tips Cara Menghemat Pulsa Listrik

Perkembangan teknologi memang tidak bisa dipungkiri, banyak sekali resolusi-resolusi baru yang semakin memudahkan manusia. Salah satunya adalah dengan beralihnya penggunaan listrik biasa ke sistem listrik prabayar. Hal ini karena sistem listrik prabayar lebih mudah untuk mengontrol pemakaian listrik yang disesuaikan dengan pulsa.

Tips Cara Menghemat Pulsa Listrik

Maka jika pulsa listrik kalian habis, otomatis listrik kalian pun juga akan padam. Secara sekilas, sistem listrik prabayar mungkin terlihat sedikit lebih ribet dan menyebalkan jika alamrnya berbunyi.

Namun dengan cara ini, kamu jadi lebih tahu berapa besar pemakaian listrik yang kamu habiskan. Jadi kamu lebih bisa mengatur pemakaian listrik, sekaligus dapat menghemat pengeluaran.

Tentunya kamu tak ingin kan jika pulsa listrikmu cepat habis? Nah, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pulsa listrik. Langsung saja simak tips-tips berikut.

Ganti lampu rumah, apartemen atau kosanmu dengan jenis LED


Ganti lampu rumah, apartemen atau kosanmu dengan jenis LED

Jenis lampu light-emitting diode (LED) memang memiliki keunggulan lebih hemat energi, lebih terang, tidak panas, lebih tahan lama, dan memakan listrik lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis lampu pijar ataupun neon yang lainnya.

Nah, jika kamu mengganti semua lampu dirumah, apartemen, maupun kosan dengan lampu LED, pastinya pengeluaran listrik kamu akan lebih hemat.

Matikan lampu saat tak dipakai


Matikan lampu saat tak dipakai

Tips yang kedua ini sebenarnya sangat penting dilakukan,namun seringkali banyak orang yang tak memperhatikannya.

Jika kamu sudah tidak memakai lampu atau tidak ada orang di sebuah ruangan, maka sebaiknya kamu segera mematikan lampu saja.

Membiarkan lampu terus menyala tanpa ada keperluan, tentu merupakan sebuah pemborosan. Sehingga pulsa listrikmu nanti akan cepat habis.

Pilih daya listrik sesuai kemampuan


Pilih daya listrik sesuai kemampuan

Kamu juga harus memilih daya listrik sesuai kemampuan. Setiap pembelian pulsa listrik untuk daya listrik 450 VA atau 900 VA akan mendapatkan jumlah kWh listrik yang lebih banyak daripada dengan daya listrik 1300 VA dan diatasnya.

Mengapa seperti itu? Hal ini karena daya listrik 450 VA dan 900 VA masih mendapat subsidi dari pemerintah, jadi lebih hemat biaya.

Jika keluargamu termasuk keluarga kecil dan sehari-harinya belum membutuhkan banyak pemakain listrik, lebih baik turunkan daya listrik rumahmu agar lebih hemat biaya.

Cabut peralatan listrik dari colokan jika tidak dipakai


Cabut peralatan listrik dari colokan jika tidak dipakai

Sepengetahuanmu, pasti kamu selalu berpikir jika peralatan listrik yang tidak dinyalakan atau tidak dipakai , maka tidak akan mengkomsumsi listrik.

Namun kenyataanya, peralatan listrik yang tidak dinyalakan seperti kipas angin, AC, maupun charger handphone yang sudah tidak terpakai, itu semua masih mengkonsumsi listrik jika colokannya masih terpasang .

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mencabut colokan peralatan listrik tersebut dari sumber listrik, agar tidak menyedot pulsa listrik tanpa kamu sadari.

Atur suhu AC


Atur suhu AC

Nah jika rumahmu menggunakan AC, maka ada baiknya untuk mengatur suhu AC tidak terlalu rendah. Banyak sekali orang yang mengatur suhu AC terlalu dingin, sehingga ruangan menjadi terlalu dingin, kemudian tidur menggunakan selimut.

Jika hal ini sering kamu lakukan, lebih baik mulai sekarang hindari hal semacam itu. Karena ini akan merepotkan dirimu sendiri dan menyebabkan pemborosan.

Sebaiknya atur suhu AC yang nyaman untuk tubuh, seperti suhu yang ada di mall, yaitu sekitar 21-23°C. Jika AC diatur pada suhu paling dingin, maka AC terpaksa melakukan kerja ekstra keras. Sehingga hal tersebut akan membuat listrik lebih boros.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat pulsa listrikmu. Semoga membantu.

0 Comments

Post a Comment