Cara Mengatasi Baterai Handphone yang Cepat Habis

Baterai merupakan salah satu perangkat keras yang paling penting. Sebab, baterai sangat menentukan apakah handphone tersebut bisa bertahan lama, hidup, atau tidak. Namun, disisi lain banyak sekali keluhan dari para pengguna handphone terhadap baterai yang mereka gunakan.

Cara Mengatasi Baterai Handphone yang Cepat Habis

Salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah terlalu cepatnya baterai tersebut habis. Dan beberapa pabrik handphone mendengarkan keluhan itu, sehingga mereka membuat pembaharuan di versi handphone berikutnya dengan kapasitas baterai yang tahan lama. Namun nyatanya, pembaharuan kapasitas baterai tidak menutup kemungkinan baterai tersebut akan cepat habis. Salah satu penyebabnya adalah pemakaian pengguna handphone tersebut yang tidak sesuai.

Penyebab utamanya banyak sekali dari kita yang belum mengetahuinya. Sehingga menyepelekan beberapa hal tersebut yang semestinya penting untuk kita perhatikan. Pada artikel kali ini, Arlina Tech akan membagikan beberapa referensi tentang Cara Mengatasi Baterai Handphone yang Cepat Habis. Berikut beberapa daftarnya.

1. Pemakaian yang Berlebihan


Penyebab utama baterai handphone cepat habis yang pertama adalah pemakaian yang terlalu berlebihan. Ini sangat berpengaruh dengan kesehatan baterai handphone kita. Apalagi, jika kita terlalu asyik menggunakan handphone, tanpa memperdulikan berapa sisa daya dari baterai tersebut.

Dan jika sudah ada peringatan baterai melemah, kita menggunakannya bersamaan dengan mengecas baterai tersebut. Itu sangat berbahaya jika terus dilakukan. Maka dari itu, saran dari saya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah kita harus lebih mengatur pemakaian handphone kita untuk kesehatan baterai agar tidak cepat habis.

2. Terdapat Aplikasi Penguras Baterai


Penyebab utama baterai handphone cepat habis selanjutnya adalah adanya aplikasi penguras baterai pada handphone kita. Maksud dari aplikasi penguras baterai adalah aplikasi yang memiliki daya serap tinggi terhadap daya baterai kita.

Biasanya aplikasi tersebut kita lalai untuk menutupnya setelah digunakan sehingga aplikasi tersebut berjalan dilatar belakang. Untuk itu, saran dari saya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah kita harus selalu mengecek dengan teliti berapa pemakaian terbanyak dari daya baterai kita oleh aplikasi yang terinstal.

Rata rata fitur untuk mengecek terdapat di menu Pengaturan > Baterai. Disitu tertera berupa presentase dan lainya yang menunjukan pemakaian baterai oleh aplikasi aplikasi. Dan jangan ragu untuk mencopot aplikasi tersebut demi kesehatan baterai handphone tersebut.

3. Penyebab Baterai Handphone Cepat Habis Lainnya Yakni Charger Tidak Sesuai


Penyebab yang ketiga adalah charger yang tidak sesuai dengan yang diberikan oleh pabrik tersebut. Ini sangat berpengaruh, karena tegangan antara baterai dan charger tidak sesuai yang diterbitkan oleh pabrik handphone tersebut. Biasanya para pengguna handphone menyepelekan hal ini, banyak yang berpendapat jika asalkan charger dapat digunakan, tentu tidak menjadi masalah.

Namun pernyataan itu salah, justru sangat membahayakan kesehatan baterai kita. Saran dari saya, jika memang charger Original rusak, dan kita berniat untuk membeli charger di toko spare part handphone atau lainnya usahakan untuk membeli charger yang original. Dengan tujuan untuk mencegah terjadinya pemborosan baterai karena ketidaksesuaian dengan charger.

4. Background Handphone


Penyebab selanjutnya ini banyak yang tidak memperhatikannya. Padahal hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan baterai yang terdapat pada handphone kita. Biasanya background yang memakan baterai adalah background yang bersifat dapat begerak. Dalam bahasa teknologinya biasa disebut dengan screen saver, wallpaper bergerak, dan lain sebagainya.

Saran dari saya untuk permasalahan ini adalah gunakanlah background dengan memilih gambar yang simple. Usahakan jangan menggunakan wallpaper bergerak, wallpaper camera, dan sejenisnya. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan baterai tersebut.

5. Ganti Baterai Jika Sudah Berumur


Penyebab selanjutnya adalah kita harus memperhatikan usia dari baterai handphone yang kita miliki. Jika terlihat dari bodi baterai tersebut sudah jelek, maka kita harus mempertimbangkannya untuk menggantinya dengan baterai baru. Saran dari saya, cobalah untuk memperhatikan usia dari baterai yang terdapat di dalam handphone kita.

Oke, itulah beberapa tips Cara Mengatasi Baterai Handphone yang Cepat Habis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua dan bisa menjadi solusi mengenai kerusakan baterai dan sejenisnya. Sekian, terima kasih atas kunjungan Anda.

0 Comments

Post a Comment