Google Resmi Tutup Google+ Mulai 2 April 2019

Seperti yang pernah Arlina Tech kabari tentang rencana Google untuk menutup salah satu produknya yaitu Google di postingan Data Pengguna Bocor, Google+ Akan Ditutup? Bahwa kabar dari raksasa Google yang akhirnya akan menutup Google+ itu pun akan dimulai pada 2 April mendatang.

Google Resmi Tutup Google Plus Mulai 2 April 2019

Salah satu layanan Google yang diluncurkan pada tanggal 28 Juni 2011 ini akhirnya harus ditutup juga. Sebenarnya pemberitahuan untuk penutupan layanan ini sudah diberitahukan di Desember 2018. Setiap pengguna layanan Google+ akan mendapatkan email pemberitahuan bahwa layanan mereka ini akan ditutup pada 02 April 2019.

Di dalam email tersebut pihak Google memberitahukan kepada pelanggan bahwa sebaiknya melakukan backup data terhadap konten-konten yang sudah mereka posting di Google+. Tahap penutupan Google+ ini dilakukan secara bertahap, pada tanggal 04 Februari 2019 kita tidak akan bisa lagi untuk membuat akun baru di Google+ baik itu profiles, pages, communities ataupun events.

Lalu untuk pada pemilik ataupun moderator Google+ Community diberikan waktu mulai awal Maret 2019 untuk membackup data-data mereka. Jika kita menggunakan akun Google+ yang berkenaan dengan Blogger, untuk komentar yang kita gunakan pada kolom komentar blog kita sendiri akan dihaus pada 04 Februari 2019, untuk komentar kita ke website orang lain akan dihapus pada 07 Maret 2019. Dan untuk semua komentar yang berkaitan dengan akun Google+ akan mulai dihapus pada 02 April 2019.

Terkadang kita berpikir, sekelas Google yang merupakan perusahaan terbesar saat ini, ternyata layanan mereka bisa juga dibilang tidak laku dan akhirnya ditutup. Lalu apa kira-kira penyebab ditutupnya layanan Google+ ini? Berikut beberapa alasannya :

  • Google+ sepi peminat, jika dibandingkan dengan social media lain seperti Facebook, Instagram dan Twitter, bisa dibilang Google+ kalah saing dalam jumlah penggunanya. Pengguna Google+ pun terkadang hanya membuka halaman Google+ mereka tidak lama, berbeda dengan jika kita membuka halaman akun Facebook atau Instagram kita, terkadang bisa hingga berjam-jam.
  • Ternyata telah terjadi kebocoran data sekitar lebih dari 500.000 data pribadi para pengguna Google+. Hal inilah yang membuat Google+ goyah dan segera menutup layanan mereka ini.

Semoga kedepannya Google bisa membuat sebuah layanan baru yang berbasis sosial media dan bisa bersaing dengan sosial media lain sekelas Facebook dan Twitter. Kita tunggu saja kejutan lainnya dari Google.

0 Comments

Post a Comment