Tips untuk Mencegah Smartphone Meledak

Beberapa waktu lalu ada berita tentang smartphone yang meledak di maskapai penerbangan Kanada. Memang sih hal itu jarang terjadi di kehidupan sehari-hari. Tapi, tidak ada salahnya dong jika Tech Arlina mengajak kamu untuk mencegah smartphone meledak? Caranya mudah, lho.

Tips untuk Mencegah Smartphone Meledak

1. Gunakan baterai yang asli


Biasanya, ketika baterai ponsel sudah tidak berguna lagi, kita tergoda untuk menggantinya dengan baterai yang tidak asli. Soalnya, harganya murah dan mudah didapatkan. Namun, menggunakan baterai smartphone yang tidak asli bisa jadi memiliki risiko, salah satunya smartphone meledak.

2. Cabut kabel charger jika telah selesai mengisi baterai


Jika baterai sudah hampir 100% terisi, jangan lupa untuk langsung mencabut kabel charger agar smartphone tidak kepanasan. Smartphone yang terlalu panas bisa menyebabkan konslet dan berujung pada ledakan.

3. Jangan sampai terlalu panas


Jika smartphone terlalu panas, sebaiknya jangan digunakan dulu. Diamkan dulu agar suhunya kembali normal.

4. Saat di-charged, letakkan di tempat yang aman


Hindari mengisi daya baterai sambil meletakkan smartphone di atas kasur lalu ditinggal tidur. Karena, jika smartphone meledak, pastinya akan langsung melukai kamu.

5. Pisahkan smartphone dari gadget lain


Kebiasaan tersebut bisa membuat smartphone cepat panas. Jadi, jangan lupa untuk meletakkan smartphone terpisah dari gadget kamu yang lain.

6. Hapus aplikasi yang sudah nggak diperlukan


Terlalu banyak aplikasi di smartphone kamu, pastinya akan membuat smartphone cepat panas, kinerjanya tidak maksimal, dan berpotensi meledak.

7. Rajin update aplikasi


Mungkin nggak banyak orang yang menyadari pentingnya langkah ini, namun para pengembang aplikasi biasanya memasukkan beberapa kode tambahan dan perbaikan yang membuat kinerja ponsel jadi lebih efisien. Hal ini membuat smartphone tidak mudah panas dan lebih kecil potensinya untuk meledak.

0 Comments

Post a Comment